NGOBROL SANTAI DENGAN TEMA MEMBANGUN SEMANGAT DAN MOTIFASI
PENDAHULUAN
Assalamualaikum Wr.Wb
Hai kawan-kawan kali ini saya akan menjelaskan apa yang sudah saya pahami untuk hari ini tentang diskusi bersama dengan tema membangun semangat dan motifasi
PENGERTIAN
Menurut Visvalingam Suppiah and Manjit Singh (2011) menyatakan bahwa knowledge sharing adalah interaksi dan komunikasi antara individu maupun unit bisnis. Dari sini dapat dijabarkan bahwa knowledge sharing merupakan sebuah aktivitas interaksi antara individu dalam sebuah bisnis yang saling menguntungkan satu sama lain dengan cara bertukar pikiran, pendapat atau informasi yang dimiliki
Komponen yang satu ini memegang peran yang sangat krusial dalam perusahaan karena dapat meningkatkan kinerja dari sebuah organisasi. Tentu dengan kegiatan menyebarluaskan pengetahuan dengan anggota lain atau dengan unit bisnis lain, maka akan menambah nilai dan kinerja perusahaan dengan lebih baik ke depannya.
LATAR BELAKANG MASALAH
Menceritakan semua pengalaman kami selama 1 minggu kemarin agar kami bisa mengevaluasi, membangun motifasi dan semangat kami.
MAKSUD DAN TUJUAN
Agar kami dapat membangun dan membenahi lagi motifasi dan semangat kerja kami yang agak surut ini.
BATASAN DAN RUANG LINGKUP
sharing-sharing atau ngobrol santai dan berbagi pengalaman sesuai bidangnya masing-masing
HASIL YANG DIHARAPKAN
Bisa membangun dan membangkitkan motifasi dan semangat teman-teman
METODE PELAKSANAAN
Diskusi bersama
ngobrol santai
ALAT DAN BAHAN
Laptop
TARGET WAKTU
08.00-16.00
TAHAPAN PELAKSANAAN
Sebelumnya Lewat penjelasan singkat di atas maka dapat dikatakan bahwa aktivitas berbagi pengetahuan ini sangatlah penting dan memiliki banyak manfaat. Baik untuk individu maupun bagi perusahaannya. Nah, di bawah ini kami sudah rangkumkan beberapa manfaat knowledge sharing yang diterapkan dalam sebuah bisnis atau usaha.
1. Meningkatkan kinerja perusahaan dari karyawan
2. Meningkatkan nilai perusahaan terutama dalam hal ilmu dan inovasi
3. Ilmu yang diserap bisa diaplikasikan di luar kantor dan bermanfaat
4. Meningkatkan komunikasi dan relasi antar karyawan
5. Memudahkan karyawan dalam membagi ilmu dan inovasi
6. Mengasah bakat karyawan dalam beberapa bidang misal public speaking
7. Meningkatkan kompetensi dalam waktu relatif singkat
8. Meningkatkan kerjasama antar karyawan atau unit bisnis
Dan yang kami lakukan hari ini adalah bercerita pengalaman kami selama 1 minggu kemarin dan menjelaskan temuan permasalahn yang sudah kami temuai saat mengerjakan pekerjaan sesuai dibidangnya masing-masing.
Dan kami mencerikatan pengalaman kami semua sesuai apa yang telah kali lakukan seperti :
-menceritakan pengalaman masing-masing anak
-tanya jawab
-Penyelesaian permasalahan yang didapat
-penutup
TEMUAN PERMASALAHAN DAN PENYELESAIANNYA
Temuan permasalahan :Masing pasif dalam berdiskusi
Solusi :Sering-sering aktif lagi dan jangan takut mencoba
KESIMPULAN
Selain knowledge sharing yang bisa Anda lakukan dalam peningkatan potensi dan kompetensi karyawan. Anda juga bisa menggunakan berbagai cara lain, salah satunya adalah dengan membuat karyawan lebih taat dalam hal absen saat bekerja.
Ingat pepatah yang mengatakan bahwa waktu adalah uang? Yup, setiap detik waktu yang kita lewati tidak bisa dikembalikan seperti semula. Artinya, hal yang satu ini sangat penting karena tidak ada seorang pun yang dapat kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kondisinya.
Nah, maka dari itu, Anda harus membiasakan para karyawan untuk menghargai setiap waktu mereka dalam bekerja. Seperti tidak boleh datang terlambat kecuali karena hal-hal yang berada di luar dugaan atau kuasa manusia.
REFERENSI
Pengalaman teman-teman
Wikipedia
jojonomic
0 Komentar